Senin, 15 Februari 2010

Cara Dual Boot XP dan Vista dgn Vista yang terinstal lebih dulu

Halo semua, kali ini saya mau berbagi tips cara dual boot XP Vista tapi dengan Vista yang sudah terinstal di komputer terlebih dahulu. Kalau semisal kita awalnya instal Windows Xp trus install WIndows Vista, kan otomatis Vista bootloader akan membuatkan booting optionnya, sehingga kita bisa mengkases keduanya.

Nah, semisal kalau sudah terinstal Vista, namun kita mau instal XP di kemudian hari, maka jika memaksakannya, boot loader vista akan ditumpuk oleh master boot record Windows XP sehingga meskipun file OS Vista ada, namun kita tidak bisa mengaksesnya.

Untuk itu, kita pakai bantuan third parti yang namanya Easy BCD 1.7.2 (file nya bisa didonlot dari sini)

Cara pakainya:

LANGKAH 1:
Install Easy BCD 1.7.2 di XP anda, sebelumnya pastikan sudah punya .NET Framework versi 2.0 terlebih dahulu (itu persyaratan instal Easy BCD nya)

LANGKAH 2:
Jika sudah diinstal, silahkan buka aplikasi tsb, lalu untuk mengembalikan Vista bootloader, klik tab “Add/remove Entries”



di bagian bawah kanan tambahkan menu booting untuk OS yang hilang dan jangan lupa pilih drive yang benar. Jika sudah klik "Add Entry", lalu klik Save

LANGKAH 3:

Lalu masuk ke tab “Manage Bootloader”. Pilih ‘Reinstall the Vista Bootloader’ dan klik ‘Write MBR’ dan restart komputer anda


LANGKAH 4:

Tadaa... Vista bootloader kembali seperti semula


Cukup mudah bukan? Ok, semoga membantu Anda sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar