Kamis, 28 Januari 2010

Data Recovery : how to do it the right way part 3

Dengan menggunakan MHDD, jika ditemukan error code "UNC" yang tersebar di beberapa area (bukan berkelompok sebagai pola), anda dapat menggunakan opsi "remap" = ON

Fungsi remap = ON ini berguna untuk merelokasi sector dari area LBA yang rusak ke tabel kerusakan sementara.

Remap aman untuk data selama tidak ditemukan kode error sepanjang 100 sector atau lebih. Jika hal ini terjadi, kemungkinan data akan corrupt saatdikases. Untuk perbaikan data yang corrupt ini, anda dapat menggunakan beberapa utility khusus yang memang didesign untuk fungsi tersebut.

Saat loading MHDD, tekan F4, lalu akan muncul box pilihan scan. Untuk mengaktifkan fungsi remap : tekan tombol panah bawah pada keyboard anda, sampai menyorot "REMAP", kemudian tekan space bar untuk mengubah pilihyan "OFF" menjadi "ON"

Setelah selesai mengubah remap menjadi "ON" tekan F4 sekali lagi untuk proses remap berjalan.

Setelah proses remap selkesai, scan lagi hard disk ini dengan MHDD, tekan F4 dua kali dan biarkan scanning berjalan sampai selesai. Jika tidak ada lagi error yang ditemukan, bad sector seluruhnya sudah berhasil direlokasi, dan anda dapat menghubungkan hard disk ini sebagai slave ke hard disk lainh untuk meng-copy datanya ATAU menggunakan software cloning sejenis Media Tools Professional untuk melakukan sector to sector cloning ke hard disk lainnya yang sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar