Kamis, 07 Januari 2010

VIVANEWS - TEKNOLOGI - Masa Depan Teknologi Menurut Cisco

VIVAnews - Menjelang pergantian tahun 2009 ke 2010, Chief Futurist Cisco Internet Business Solution Group Innovation Practice, Dave Evans menyampaikan beberapa prediksinya tentang wajah teknologi di masa depan.

Sebagian prediksi sudah terlihat tanda-tandanya di masa kini. Namun, beberapa prediksi lain, sepertinya baru tergambar di beberapa adegan film fiksi ilmiah. Misalnya saja, prediksinya tentang realisasi teleportasi partikel pada lima belas tahun mendatang.

Evans adalah karyawan Cisco yang bergabung pada 1990, sebagai karyawan nomor 398. Dia adalah orang yang ditunjuk mengerjakan proyek web server pertama di perusahaan Cisco.

Di Cisco Evans tumbuh sebagai seorang profesional TI yang terjun langsung ke lapangan. Mulai dari memanjat atap-atap untuk memasang kabel komputer, melakukan coding sistem ecommerce generasi pertama, menangani Enterprise Resource Planning skala besar, hingga mengatur tim TI korporat lintas fungsi.

Sebagai seorang inovator, Evans memiliki berbagai penelitian di sejumlah area, dengan paten yang sudah didaftarkan. Ia mendesain proyek Connected Bus di San Francisco Amerika Serikat.

Proyek ini membuat kendaraan pertama dengan kemampuan jaringan komprehensif, meliputi akses WiFi bagi pengendara, komputer mobil yang akan mencatat semua log perawatan kendaraan, mengevaluasi kinerja kendaraan, dan melakukan estimasi waktu koneksi kendaraan.

Evans juga memiliki ide 'mesh network' yang akan mentransformasi industri otomotif ke depan, dengan memposisikan kendaran sebagai node jaringan yang secara virtual mampu mengatur diri mereka masing-masing.

Dan berikut ini daftar penerawangan teknologi di masa depan menurut Evans:

1. Internet akan berevolusi menjadi sarana komunikasi instan, tanpa peduli jarak.

2. Pada 2010, 35 miliar perangkat akan terhubung ke internet (bila dirata-ratakan hampir enam perangkat per orang di dunia).

3. Pada akhir 2010, akan tercapai perbandingan satu miliar transistor per orang – masing-masing transistor seharga sepersepuluh juta sen.

4. Besar data di dunia akan meningkat enam kali lipat dalam dua tahun kedepan, sementara data perusahaan akan meningkat lima puluh kali lipat.

5. Dalam dua tahun, informasi di internet akan berlipat ganda setiap 11 jam.

6. Dengan IPv6, akan ada cukup alamat IP bagi setiap bintang yang diketahui di seluruh alam semesta, untuk masing-masing memiliki 4,8 triliun alamat IP. Pemerintah Indonesia baru berencana menggantikan IPv4 yang sekarang dipakai, dengan IPv6, pada 2012.

7. Pada 2013, lalu-lintas jaringan nirkabel akan mencapai 400 petabita perbulan (1 petabita = 1000 triliun bita). Saat ini, secara keseluruhan, jaringan di seluruh dunia mentransfer data lebih dari 9 exabita per bulan (1 exabita = Sejuta triliun bita).

8. Dalam lima tahun ke depan, permukaan apa pun dapat dijadikan layar tampilan (display).

9. Pada 2015, Google akan mengindeks sekitar 775 miliar halaman konten.

10. Pada 2015, unduhan film dan peer-to-peer file sharing akan melonjak sampai 100 exabita, setara dengan 5 juta isi Libraries of Congress (perpustakaan kongres Amerika Serikat).

11. Pada 2015, kita akan menciptakan banyak hal yang sebanding dengan 92,5 juta isi Libraries of Congress dalam setahun.

12. Pada 2015, komunikasi video akan jauh lebih marak, menghasilkan 400 exabita trafik data atau setara dengan 20 juta Libraries of Congress.

13. Pada 2015, trafik yang dihasilkan telepon, web, email, foto, dan musik akan meledak, dan mencapai 50 exabita.

14. Dalam 10 tahun ke depan, kita akan menyaksikan peningkatan kecepatan jaringan internet rumahan sebesar 20 kali lipat.

15. Komputer kuantum komersial pertama akan tersedia pada pertengahan tahun 2020.

16. Pada 2020, penerjemah bahasa universal akan menjadi hal yang umum di setiap perangkat.

17. Pada 2020, masing-masing orang di seluruh dunia, rata-rata akan menyimpan data pribadi sebesar 130 terabita (hari ini rata-rata sebesar 128 gigabita).

18. Pada 2020, komputer PC seharga $1000 akan memiliki kemampuan memproses yang setara dengan otak manusia.

19. Pada 2020, akan ada lebih banyak perangkat yang online daripada manusianya.

20. Pada 2025, teleportasi pada tingkat partikel akan mulai terealisasi.

21. Pada 2029, storage seharga $100 berkapasitas 11 petabita, dapat menyimpan video berkualitas DVD untuk diputar tanpa henti 24 jam sehari, selama 600 tahun lebih.

22. Pada 2030, PC seharga $1000, akan memiliki kemampuan memproses yang seimbang dengan kemampuan otak manusia sekampung.

23. Pada 2030, penanaman otak buatan sudah dapat dilaksanakan.

24. Dalam 50 tahun ke depan, 95 persen pengetahuan diketahui saat itu. Hanya 5 persen dari pengetahuan saat itu, yang telah kita ketahui saat ini.

25. Pada 2050, komputer PC seharga US$1000 akan memiliki kemampuan proses yang seimbang dengan kemampuan berpikir otak seluruh manusia di muka bumi (diasumsikan jumlah total populasi dunia 9 miliar).

Selain 25 prediksi tadi, Evans bahkan meramal bahwa tingginya kemampuan kognitif komputer maupun robot melampaui kemampuan berpiikir manusia, menyebabkan komputer dan robot memiliki 'self awareness' dan akan menuntut hak asasi manusia diterapkan kepada mereka. Percayakah Anda?

VIVANEWS - TEKNOLOGI - Masa Depan Teknologi Menurut Cisco

Tidak ada komentar:

Posting Komentar